29 November 2008

Akhirnya Aulia Pohan, dkk Ditahan KPK

Akhirnya pada hari kamis (27 Nov 2008), KPK mengakhiri spekulasi masyarakat yang bernada skeptis terhadap penanganan korupsi aliran dana Bank Indonesia yang melibatkan Aulia Tantowi Pohan, dkk, yang notabene adalah keluarga dekat (besan) presiden SBY, dengan melakukan penahanan terhadapnya. Sikap skeptis masyarakat ini wajar mengingat bahwa tradisi penegakan hukum yang terbaca dimata publik selama ini masih tebang pilih. Hanya mereka yang sudah tidak mempunyai kekuasaan lagi yang bisa diseret ke penjara, atau hanya mereka yang sudah jauh dari kekuasaan politik dan kekuasaan modal.

Tentu ini akan menjadi preseden yang baik untuk masa yang akan datang, bahwa siapapun pelaku yang melakukan pelanggaran pidana harus diperlakukan sebagaimana pesakitan hukum lainnya. Hal ini juga akan membawa pesan bahwa penegakkan hukum dilakukan dengan tidak memandang bulu, bahkan bagi orang-orang terdekat dari presiden sekalipun.

Hari ini, kita sebagai bagian dari masyarakat yang selama ini menunggu hasil kongkrit dari kinerja KPK dalam memberantas kangker sosial bernama korupsi dinegeri ini, sudah sepantasnya secara tulus mengangkat topi kehormatan bagi kinerja KPK yang sampai sejauh ini telah melakukan penahanan atas tersangka korupsi berjamaah aliran dana BI; Aulia Pohan, dkk.

Penghormatan atas kinerja KPK ini tentu saja terlepas dari spekulasi sebagian dari maysarakat yang justru melihat episode penahanan Aulia Pohan ini sebagai bagian dari strategi dan intrik politik SBY dalam “kampanye” membangun dan sekaligus menjaga citra publik yang positif bagi kepopuleran SBY demi memenangi kontestasi meraih lagi posisi RI-1 ditahun 2009.

Ditengah simulakra dan kesimpangsiuran persepsi publik tersebut, tentu kita harus meletakkan penilaian atas kinerja KPK kedalam proposisi yang objektif, yaitu dengan melihatnya dari kacamata murni penegakkan hukum, dan mengesampingkan anasir politisnya. Untuk itu KPK masih harus membuktikan kepada publik bahwa adegan-adegan dalam penanganan kasus aliran dana BI yang melibatkan kerabat dekat istana adalah murni bagian dari strategi penanganan kasus korupsi aliran dana BI dan bukan bagian dari skenario diluar KPK.

Mari kita tunggu dan saksikan dengan seksama babak akhir dari korupsi berjamaah aliran dana Bank Indonesia ini…..

BRAVO KPK...!
GO AHEAD KPK...!

Komentar :

ada 0 Komentar ke “Akhirnya Aulia Pohan, dkk Ditahan KPK”

Posting Komentar